Jokowi: Sejumlah Negara Bergantung Pada Indonesia

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tragedi Kanjuruhan diusut tuntas dan  yang bersalah harus diberi sanksi. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tragedi Kanjuruhan diusut tuntas dan yang bersalah harus diberi sanksi. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

JAKARTA (EKBISTANGSEL) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar potensi besar yang dimiliki Indonesia mulai dari kekayaan sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) yang diwarnai bonus demografi, hingga pasar yang besar digunakan dalam membangun strategi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.

"Inilah kekuatan yang sering tidak kita sadari dan harus saya ingatkan terus, termasuk posisi kita di jalur perdagangan dunia. Kekuatan inilah yang harus kita ingat-ingat terus dalam rangka membangun sebuah strategi besar, bisnis negara, strategi besar ekonomi negara, agar kita bisa mencapai visi yang kita inginkan,” ujar Presiden  di Istana Negara, Jakarta, Jumat (02/12/2022), yang dikutip Setkab.go.id.

Presiden mengungkapkan, berdasarkan pantauan yang ia lakukan, terdapat sejumlah negara yang bergantung pada komoditas dari Indonesia.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pemerintah Jaga Defisit APBN 2023 di Bawah 3 Persen

"Sebetulnya ini sudah beberapa kali saya cek, siapa sih yang tergantung kepada kita, ternyata banyak sekali. Begitu batu bara kita setop dua minggu saja, yang telepon ke saya banyak sekali kepala negara, perdana menteri, presiden. Oh ini tergantung, tergantung, tergantung, tergantung, tergantung, kok banyak sekali? Saya kaget juga,” kata Presiden.

Hal serupa juga terjadi saat Indonesia menghentikan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya beberapa waktu lalu. Presiden menyampaikan, penghentian tersebut karena pemerintah mengutamakan pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

“Begitu juga minyak, CPO, begitu kita setop karena saya harus setop, banyak pertanyaan dari luar, dari IMF, dari Bank Dunia, ‘kenapa setop? Ya karena dalam negerinya hilang barangnya, saya harus utamakan rakyat saya dulu,’ saya sampaikan,” kata Presiden.

Baca Juga: Waspada Gejolak Ekonomi Global, Jokowi: Bangsa Indonesia Jangan Pesimistis

Di hadapan para CEO, Presiden pun mendorong agar Indonesia menghasilkan produk-produk yang menciptakan ketergantungan dari negara lain, salah satunya adalah baterai untuk kendaraan listrik.

Halaman:

Editor: Martin Sihombing

Tags

Terkini

BMKG: Minggu (5/2) Langit Jakarta Berawan

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:00 WIB

Prakiraan Cuaca Untuk DKI Jakarta Sabtu (4/2)

Sabtu, 4 Februari 2023 | 07:00 WIB

BMKG: Ini Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Jumat (3/2)

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:00 WIB

Rabu (1/2) Gempa Goyang Cianjur dan Wonosobo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:38 WIB

Perusahaan Induk PLN Segera Lahir

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:00 WIB

Gempa Bumi Guncang Pinrang dan Jayapura

Selasa, 31 Januari 2023 | 23:06 WIB
X