Piala Dunia 2022: Daniel Alves Torehkan Sejarah di Tim Brasil

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:00 WIB
Daniel Alves. ((Layar youtube))
Daniel Alves. ((Layar youtube))

JAKARTA (EKBISTANGSEL): Full-back Daniel Alves Jumat (2/12/2022)  menjadi pemain Brasil tertua yang bermain di pertandingan Piala Dunia FIFA.

Rekor tersebut ditetapkan dalam kekalahan 1-0 melawan Kamerun di babak final pertandingan Grup G. Pada usia 39 tahun dan 210 hari, Alves melampaui rekor yang dibuat oleh rekan setimnya Thiago Silva dalam pertandingan pembukaan Brasil di Piala Dunia FIFA Qatar 2022, yang melawan Serbia pada usia 38 tahun dan 67 hari.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Hajar Brasil, Kamerun Pulang Kampung

Sebelum Qatar, mengutip fifa.com, pesepakbola tertua yang pernah bermain untuk Brasil di Piala Dunia adalah bek sayap Djalma Santos, yang bermain melawan Hungaria pada usia 37 tahun 138 hari pada 1966.

Daniel Alves berada di starting line-up dalam pertandingan Grup G melawan Kamerun di Piala Dunia Qatar. Dengan Brasil yang sudah lolos ke babak 16 besar, pelatih kepala Tite memutuskan untuk mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya dan mengirimkan tim lapis kedua.

Bek kanan pilihan pertama Danilo cedera dalam pertandingan pertama Brasil di Piala Dunia 2022 dan sedang berusaha pulih tepat waktu untuk sistem gugur. Di game kedua, melawan Swiss, Eder Militao menggantikannya. Dan di pertandingan babak ketiga Daniel Alves terpilih.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Casemiro Luar Biasa, Brasil Ke 16 Besar

Dengan Thiago Silva di bangku cadangan, Alves menjadi kapten tim melawan Kamerun, sebagai pengakuan atas pengalamannya untuk tim nasional Piala Dunia ketiga Daniel Alves mengambil bagian dalam Piala Dunia ketiga dalam karirnya. Bek kanan itu berada di Afrika Selatan pada 2010, Brasil pada 2014, dan hanya absen di Rusia 2018 setelah mengalami cedera serius sesaat sebelum turnamen dimulai.

 

Halaman:

Editor: Martin Sihombing

Tags

Terkini

X