Fernando Santos Jadi Pelatih Timnas Polandia

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:00 WIB
Fernando Santos ((Youtube))
Fernando Santos ((Youtube))

JAKARTA (EKBISTANGSEL) - Mantan pelatih tim nasional Portugal, Fernando Santos menjadi pelatih tim Polandia.

“Itu adalah pilihan yang sulit, tetapi kami memilih pelatih terbaik,” tegas presiden Asosiasi Sepak Bola Polandia, Cezary Kulesza, memperkenalkan Fernando Santos sebagai pelatih baru tim nasional (Timnas) Polandia, demikian isi laporan tvpworld.com.

Fernando Santos secara resmi diresmikan sebagai pelatih tim nasional Polandia pada hari Selasa (24/1/2023), menekankan  merupakan suatu kehormatan baginya untuk melanjutkan karir kepelatihannya di Polandia.

Baca Juga: Timnas Portugal: Roberto Martínez Gantikan Posisi Fernando Santos

Dia memimpin Portugal meraih kemenangan di Euro 2016 dan Nations League 2019, yang merupakan dua gelar besar pertama dalam sejarah negara tersebut, sebelum hengkang pada tahun 2022. 

Santos memperoleh gelar di bidang teknik listrik dan telekomunikasi, yang diberikan pada tahun 1977 oleh Instituto Superior de Engenharia de Lisboa. Saat dia bertanggung jawab  Porto memenangkan kejuaraan kelima berturut-turut pada tahun 1999, dia dijuluki Engenheiro do Penta (insinyur Penta). Selain bahasa Portugis asalnya, Santos juga berbicara bahasa Inggris dan Yunani.

“Mulai hari ini saya orang Polandia, saya salah satu dari Anda,” dia mengumumkan. “Ini suatu kehormatan karena kita berbicara tentang negara yang hebat. Polandia adalah negara hebat dengan sejarah dan budaya yang sangat kaya,” kata pria Portugis berusia 68 tahun itu.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Fernando Santos Mundur Dari Tim Portugal

“Kebahagiaan tidak jatuh dari langit, Anda harus mendapatkannya. Tapi saya yakin kami akan mencapai banyak hal untuk tim nasional Polandia dan semua orang Polandia,” tambahnya. “Polandia memiliki pesepakbola yang sangat bagus, di antara yang terbaik di dunia,” katanya.

Halaman:

Editor: Martin Sihombing

Tags

Terkini

X