Granit Xhaka Pemain Terbaik Swiss Tahun 2022

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:54 WIB
Granit Xhaka  ((youtube))
Granit Xhaka ((youtube))

JAKARTA (EKBISTANGSEL) - Granit Xhaka dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Timnas Swiss Tahun 2022. Gelandang Arsenal menikmati tahun yang luar biasa dalam warna negaranya, dan tampil di semua 13 pertandingan negaranya selama satu tahun kalender.

Faktanya, dia bermain dalam 1.143 dari kemungkinan 1.170 menit selama waktu itu, mengenakan ban kapten sepanjang waktu. Setelah membantu Swiss membukukan tempat mereka di putaran final Piala Dunia kelima berturut-turut, ia kemudian membantu mereka bertahan dari degradasi untuk tetap berada di Nations League A, sebelum menuju ke Qatar dan memainkan peran utama dalam mengamankan tempat di 16 besar untuk timnya, di turnamen ketiga berturut-turut, demikian isi laporan di website resmi klub.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Gulung Swiss 1-6, Portugal v Maroko di Perempat Final, Goncalo Ramos Ganas

Setelah dipilih untuk masing-masing turnamen tersebut, kali ini Granit bermain setiap menit. Penyisihan grup membawa kemenangan melawan Kamerun sebelum kalah tipis dari Brasil, dan kemudian sorotan datang melalui kemenangan mendebarkan 3-2 atas Serbia yang membuat mereka sekali lagi mencapai babak sistem gugur, tetapi satu tempat di delapan besar terbukti sulit dipahami karena mereka tersingkir oleh Portugal.

Empat penampilan sang kapten membuat penghitungan capsnya menjadi 111, hanya terpaut tujuh dari rekor nasional sepanjang masa Heinz Hermann sebanyak 118.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Swiss Kirim Serbia Pulang

Di awal tahun, ia menjadi pemain keenam dalam sejarah negaranya yang mendapatkan caps selama satu abad. Granit meraih trofi untuk kedua kalinya dalam karirnya di Bern pada Senin malam, setelah sebelumnya melakukannya pada tahun 2017, dan turun ke Instagram untuk menunjukkan rasa terima kasihnya, dengan mengatakan: "Sangat bangga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Swiss. Besar terima kasih atas dukungannya - itu sangat berarti.”

 

Editor: Martin Sihombing

Tags

Terkini

X