• Minggu, 25 September 2022

Hari Ke-210: Pertukaran Tawanan Perang Ukraina dan Rusia

- Kamis, 22 September 2022 | 09:20 WIB
Pembela Azovstal kembali ke Ukraina.   ((Ukrinform, Operativno_ZSU))
Pembela Azovstal kembali ke Ukraina. ((Ukrinform, Operativno_ZSU))

JAKARTA (Ekbistangsel): Pembela Azovstal Pulang Dari Penangkaran. Demikian judul Defence Express atas peristiwa pertukaran tawanan perang Rusia dan Ukraina pada hari Ke-210 perang Ukraina mengusir invasi Rusia.

Tentara Ukraina yang dengan berani mempertahankan benteng terakhir dari Mariupol yang dikelilingi, pabrik baja Azovstal, telah ditukar. 

Media Ukraina melaporkan pertukaran tawanan perang dengan pihak Rusia, yang mengakibatkan beberapa prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina, Polisi Nasional, Penjaga Perbatasan Negara dan pasukan pertahanan lainnya kembali ke Ukraina, tulis Defence Express.

Baca Juga: Hari Ke-209 Perang Ukraina: Kerugian Tentara Rusia Terus Bertambah

Informasi tersebut dikonfirmasi oleh sejumlah pejabat Ukraina, termasuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyi dan Kepala Intelijen Pertahanan Ukraina Kyrylo Budanov. Menurut media Suspilne yang berafiliasi dengan negara, pertukaran itu terjadi di wilayah Chernihiv, Ukraina utara.

Menurut pejabat, 215 orang Ukraina dipertukarkan, Suspilne melaporkan. Lima komandan unit yang membela Azovstal. Presiden Zelenskyi mengatakan Ukraina memberikan kepada pihak Rusia politisi pro-Rusia Viktor Medvedchuk dan 55 prajurit militer dengan imbalan para pembela Mariupol.

Baca Juga: Anak Muda Rusia Enggan Mati Demi Vladimir Putin

Dari 215 pembela Azovstal, 108 di antaranya adalah prajurit Resimen Azov yang terkenal dari Garda Nasional Ukraina. Juga, sepuluh orang asing yang datang untuk memperjuangkan Ukraina, juga dibebaskan, ZN.ua melaporkan.

Ini termasuk lima warga negara Inggris, dua veteran Amerika, warga Maroko, Swedia dan Kroasia. Tiga dari mereka telah dijatuhi hukuman mati oleh "otoritas" pro-Rusia di wilayah pendudukan Ukraina. Pertukaran itu difasilitasi oleh Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Martin Sihombing

Tags

Terkini

Ukraina Temukan 436 Mayat Dalam Satu Kuburan di Izum

Sabtu, 24 September 2022 | 08:00 WIB

Bupati Bogor Ade Yasin Divonis 4 Tahun Penjara

Sabtu, 24 September 2022 | 01:41 WIB

Kapolri Perintahkan Usut Konsorsium 303

Jumat, 23 September 2022 | 20:58 WIB

30 Juta Akun Ukraina Dijual ke Rusia

Jumat, 23 September 2022 | 16:36 WIB

Rusia Bantah Ada Rencana Memobilisasi 1 Juta Orang

Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB
X