Anwar Ibrahim 'Kesulitan' Bentuk Lineup Kabinet

- Jumat, 2 Desember 2022 | 18:07 WIB
Anwar Ibrahim. ((Layar youtube))
Anwar Ibrahim. ((Layar youtube))

JAKARTA (EKBISTANGSEL) - PM Malaysia Anwar Ibrahim nampaknya mengalami kesulitan dalam menyusun lineup kabinetnya. Hingga kini, Anwar belum bisa bersepakat dengan kubu koalisinya. Kabarnya, masih menunggu dua hingga tiga hari ke depan.

Bahkan, PM Ke-10 Malaysia itu masih harus berdialog dengan Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, raja Malaysia.

Anwar Ibrahim dilantik sebagai perdana menteri kesepuluh Malaysia pada 24 November 2022, setelah raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah menunjuk Ibrahim karena pemilihan umum yang menghasilkan parlemen gantung pertama dalam sejarah Malaysia.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Perdana Menteri Ke-10 Malaysia

Dia memegang banyak jabatan pemerintahan pada akhir abad ke-20 sebelum dipenjara karena korupsi pada tahun 1999. Setelah dibebaskan dari penjara, Anwar memainkan peran kunci dalam redistribusi kekuasaan di badan legislatif Malaysia. Namun, karir politiknya kembali terhenti ketika ia divonis kasus sodomi pada 2014 dan dipenjara hingga 2018.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan diskusi dengan sekutu tentang penunjukan kabinet hampir selesai dan dia berharap untuk mengumumkannya segera, kata Bernama mengutipnya. Anwar mengatakan Raja Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah telah memberinya kesempatan untuk bertemu di istana pada pagi hari.

Anwar berencana mengungkap lineup dalam waktu dua atau tiga hari.  Pemimpin baru itu telah melakukan pembicaraan dengan beberapa koalisi termasuk partai-partai di aliansi Pakatan Harapannya untuk memutuskan siapa yang mendapat portofolio menteri.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Akan Umumkan Kabinet dan Siap Tak Digaji

Secara terpisah, surat kabar Star melaporkan  Anwar juga dapat mengumumkan susunan kabinetnya pada Jumat mulai pukul 5 sore setelah dia kembali dari perjalanan ke negara bagian Perak utara.

Halaman:

Editor: Martin Sihombing

Tags

Terkini

Penahanan Ferdy Sambo Diperpanjang

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:11 WIB

AC Milan Kolaborasi dengan The Rolling Stones

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:00 WIB

Uni Eropa Hukum Produsen Drone Iran

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:00 WIB

Empat Lokasi Pasukan Rusia Dibombardir Ukraina

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:05 WIB

Arab Saudi Minta Konflik Israel-Palestina Dihentikan

Minggu, 29 Januari 2023 | 00:18 WIB

Jerman, AS, dan Norwegia Akan Beri Ukraina Tank

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:10 WIB
X